Pengaruh Lokasi Dan Produk Terhadap Pendapatan Agen BRILink Pada Kabupaten Gorontalo

  • Marsyandah Irwan Polapa Universitas Negeri Gorontalo
  • Zulkifli Bokiu Universitas Negeri Gorontalo
  • Amir Lukum Universitas Negeri Gorontalo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lokasi dan produk terhadap pendapatan agen BRILink pada Kabupaten Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data primer berupa kuesioner yang dibagikan langsung kepada agen BRILink Kabupaten Gorontalo. Metode pengambilan sampel menggunakan metode Proportionate Stratified Random Sampling diperoleh 82 sampel. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji statistik deskriptif, uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan agen BRILink pada Kabupaten Gorontalo. 2) Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan agen BRILink pada Kabupaten Gorontalo. 3) Secara simultan lokasi dan produk berpengaruh positif terhadap pendapatan agen BRILink pada Kabupaten Gorontalo.

Keywords: Lokasi, Produk, Pendapatan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adi, Setiawan, & Adi, Putra. (2022). Sistem Imbal Jasa pada Agen BRILink: Sebuah Tinjauan Ekonomi Syariah. Jurnal Iqtisaduna. 8(1). 26-42. https://doi.org/10.24252/iqtisaduna.v8i1.29124

Andrew, Bloomenthal. (2023). Utilitas Marginal: Pengertian, Jenis, Contoh, dan Sejarah. Investopedia. https://www.investopedia.com/terms/m/marginutility. asp

Apri, H. A. F., & Beby, K. F. (2021). Effect of Service Quality and Company Image on Costumer Loyalty with Satisfaction Customers as Intervening Variables (Case Study of BRILink Agent PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Medan Region Office). International Journal of Research and Review. 8(8). 196-202. https://doi.org/10.52403/ijrr.20210827.

Devi, Y, & Darmo, H. S. (2022). Analisis Bagi Hasil BRILink dan Jenis Perjanjian BRILink dalam Mekanisme Layanan Keuangan Tanpa Kantor (Studi Kasus Agen BRILink di Desa Sukasari dan Desa Gandasari Kecamatan Kadupandak). Jurnal Akuntansi Kompetif. 5(1). 260-269. https://doi.org/10.35446/akuntansikompetif.v5i3.1006

Feradhita, NKD. (2024). Apa Itu Marketing Mix? Mengenal Konsep 4P dan 7P. https://www.logique.co.id/blog/2020/11/09/marketing-mix/

Ganefi, S. H., & Wafiya. (2023). Perjanjian Kerja Sama Bank BRI dan Agen BRILink dalam Pemberdayaan UMKM. Jurnal Penelitian Hukum. 32(1). 60-73. https://doi.org/10.33369/jsh.32.1.60-73

Jenny, E. P. M., Budi, S., & Yudha, H. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan Petugas Agen BRILink (PAB) Terhadap Loyalitas Agen BRILink. Jurnal Aplikasi manajemen dan Bisnis, 8(1), 144- 158. http://dx.doi.org/10.17358/jabm.8.1.144

Muhammad, H. Z., & Rita, R. (2020). Analisis Keputusan Nasabah Menggunakan BRILink. Jurnal Hukum dan Ekonomi Syariah. 8(1). 93-114. https://doi.org/10.32332/adzkiya.v8i1.1910

Rifai, M., Inayatullah, A, & Ratih, P. S. (2023). Pengaruh Kualitas Jaringan Internet, Biaya dan Fitur Layanan Mesin EDC Terhadap Kepuasan Pelanggan Agen BRILink di Kota Parepare. Jurnal Pendidikan dan Teknologi. 1(1). 65-81. https://doi.org/10.59638/teknos.v1i1.92

Nanda. (2021). Kualitas Pelayanan Adalah: Tujuan, Fungsi dan Cara Mengukur. Komerce. https://komerce.id/blog/kualitas-pelayanan-adalah

Nurul, M. K., & Dessy, H. S. (2020). Fakktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Balikpapan dalam Menggunakan Produk dan Jasa BRILink. Journal of Management Studies. 14(2). 144-163. https://doi.org/10.21107/kompetensi.v14i2.8955

Oktavianus, P., & Firdaus, A. R. (2001). Teori Stewardship: Tinjauan Konsep dan Implikasinya pada Akuntabilitas Organisasi Sektor Publik. Jurnal Bisnis dan Akuntansi. 3(2). 410-432. https://doi.org/10.34208/jba.v3i2.518

PENDAPATAN (2023, Agustus 21). Di akses pada tanggal 22 Januari 2024. Di Wikipedia. https://id.wikipedia.org/wiki/Pendapatan

Pengertian Marketing Mix. (2021). Di akses pada tanggal 22 januari 2024. Di Populix https://info.populix.co/articles/marketing-mix-adalah

Putri, S., Wulandari, R., & Hasto, F. (2022). Strategi Marketing Petugas Agen BRILink dalam Memasarkan Jasa BRILink (Studi Kasus pada PT. Bank Rakyat Indonesia Tbk Kantor Cabang Balikpapan Sudirman). Jurnal Tugas Akhir Mahasiswa Akuntansi Poltekba (JMAP). 4(1). 1-8. https://ejornal.poltekba.ac.id/index.php/jmap/article/view/402

Riadi, Muchlisin. (2020). Lokasi Usaha (Pengertian, Tujuan, Jenis, Aspek dan Faktor Pemilihan). https://www.kajianpustaka.com/2020/12/lokasi-usaha.html

Rina, Kastori (2023, 07 Juli). Pengertian Produk Menurut Para Ahli. Kompas. https://www.kompas.com/skola/read/2023/07/07/120000069/pengertian- produk-menurut-ahli?page=all

Riza, R., Lilik, N. Y., & Bunasor, S. (2020). Pengaruh Persepsi Agen BRILink Terhadap Keputusan Penggunaan Layanan Brachless Banking. Jurnal Aplikasi Manajemen dan Bisnis. 6(2). 403-415. http://dx.doi.org/10.17358/jabm.6.2.403

Robi, E. P., Roni, E. P., & Desna, A. (2023). Peran Agen BRILink Sebagai Program Kebijakan Inklusi Keuangan. Jurnal Kebijakan Publik 14(1). 85-91. http://dx.doi.org/10.31258/jkp.v14i1.8122

Senna, Enzovani. (2023). Strategi Pemasaran BRILink dalam Meningkatkan Pendapatan Agen. Jurnal Penelitian Ilmu Ekonomi dan Keuangan Syariah (JUPIEKES). 1(3). 290-299. https://doi.org/10.59059/jupiekes.v1i3.382

Tiuridah, Y. M. T. S. (2022). Kajian Teori Lokasi Christaller Terhadap Jaringan Pelayanan Sarana Perdgangan di Pulau Karimun Besar. Jurnal Pelita Kota. 3(1). 150-160. https://doi.org/10.51742/pelita.v3i1.469

Published
2024-08-19
How to Cite
Polapa, M. I., Bokiu, Z., & Lukum, A. (2024). Pengaruh Lokasi Dan Produk Terhadap Pendapatan Agen BRILink Pada Kabupaten Gorontalo. Jambura Accounting Review, 5(2), 132 - 144. https://doi.org/10.37905/jar.v5i2.127
Abstract viewed = 120 times
PDF downloaded = 116 times

Most read articles by the same author(s)