Pengaruh Lokasi Dan Produk Terhadap Pendapatan Agen BRILink Pada Kabupaten Gorontalo
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lokasi dan produk terhadap pendapatan agen BRILink pada Kabupaten Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data primer berupa kuesioner yang dibagikan langsung kepada agen BRILink Kabupaten Gorontalo. Metode pengambilan sampel menggunakan metode Proportionate Stratified Random Sampling diperoleh 82 sampel. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji statistik deskriptif, uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan agen BRILink pada Kabupaten Gorontalo. 2) Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan agen BRILink pada Kabupaten Gorontalo. 3) Secara simultan lokasi dan produk berpengaruh positif terhadap pendapatan agen BRILink pada Kabupaten Gorontalo.
Downloads
References
Adi, Setiawan, & Adi, Putra. (2022). Sistem Imbal Jasa pada Agen BRILink: Sebuah Tinjauan Ekonomi Syariah. Jurnal Iqtisaduna. 8(1). 26-42. https://doi.org/10.24252/iqtisaduna.v8i1.29124
Andrew, Bloomenthal. (2023). Utilitas Marginal: Pengertian, Jenis, Contoh, dan Sejarah. Investopedia. https://www.investopedia.com/terms/m/marginutility. asp
Apri, H. A. F., & Beby, K. F. (2021). Effect of Service Quality and Company Image on Costumer Loyalty with Satisfaction Customers as Intervening Variables (Case Study of BRILink Agent PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Medan Region Office). International Journal of Research and Review. 8(8). 196-202. https://doi.org/10.52403/ijrr.20210827.
Devi, Y, & Darmo, H. S. (2022). Analisis Bagi Hasil BRILink dan Jenis Perjanjian BRILink dalam Mekanisme Layanan Keuangan Tanpa Kantor (Studi Kasus Agen BRILink di Desa Sukasari dan Desa Gandasari Kecamatan Kadupandak). Jurnal Akuntansi Kompetif. 5(1). 260-269. https://doi.org/10.35446/akuntansikompetif.v5i3.1006
Feradhita, NKD. (2024). Apa Itu Marketing Mix? Mengenal Konsep 4P dan 7P. https://www.logique.co.id/blog/2020/11/09/marketing-mix/
Ganefi, S. H., & Wafiya. (2023). Perjanjian Kerja Sama Bank BRI dan Agen BRILink dalam Pemberdayaan UMKM. Jurnal Penelitian Hukum. 32(1). 60-73. https://doi.org/10.33369/jsh.32.1.60-73
Jenny, E. P. M., Budi, S., & Yudha, H. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan Petugas Agen BRILink (PAB) Terhadap Loyalitas Agen BRILink. Jurnal Aplikasi manajemen dan Bisnis, 8(1), 144- 158. http://dx.doi.org/10.17358/jabm.8.1.144
Muhammad, H. Z., & Rita, R. (2020). Analisis Keputusan Nasabah Menggunakan BRILink. Jurnal Hukum dan Ekonomi Syariah. 8(1). 93-114. https://doi.org/10.32332/adzkiya.v8i1.1910
Rifai, M., Inayatullah, A, & Ratih, P. S. (2023). Pengaruh Kualitas Jaringan Internet, Biaya dan Fitur Layanan Mesin EDC Terhadap Kepuasan Pelanggan Agen BRILink di Kota Parepare. Jurnal Pendidikan dan Teknologi. 1(1). 65-81. https://doi.org/10.59638/teknos.v1i1.92
Nanda. (2021). Kualitas Pelayanan Adalah: Tujuan, Fungsi dan Cara Mengukur. Komerce. https://komerce.id/blog/kualitas-pelayanan-adalah
Nurul, M. K., & Dessy, H. S. (2020). Fakktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Balikpapan dalam Menggunakan Produk dan Jasa BRILink. Journal of Management Studies. 14(2). 144-163. https://doi.org/10.21107/kompetensi.v14i2.8955
Oktavianus, P., & Firdaus, A. R. (2001). Teori Stewardship: Tinjauan Konsep dan Implikasinya pada Akuntabilitas Organisasi Sektor Publik. Jurnal Bisnis dan Akuntansi. 3(2). 410-432. https://doi.org/10.34208/jba.v3i2.518
PENDAPATAN (2023, Agustus 21). Di akses pada tanggal 22 Januari 2024. Di Wikipedia. https://id.wikipedia.org/wiki/Pendapatan
Pengertian Marketing Mix. (2021). Di akses pada tanggal 22 januari 2024. Di Populix https://info.populix.co/articles/marketing-mix-adalah
Putri, S., Wulandari, R., & Hasto, F. (2022). Strategi Marketing Petugas Agen BRILink dalam Memasarkan Jasa BRILink (Studi Kasus pada PT. Bank Rakyat Indonesia Tbk Kantor Cabang Balikpapan Sudirman). Jurnal Tugas Akhir Mahasiswa Akuntansi Poltekba (JMAP). 4(1). 1-8. https://ejornal.poltekba.ac.id/index.php/jmap/article/view/402
Riadi, Muchlisin. (2020). Lokasi Usaha (Pengertian, Tujuan, Jenis, Aspek dan Faktor Pemilihan). https://www.kajianpustaka.com/2020/12/lokasi-usaha.html
Rina, Kastori (2023, 07 Juli). Pengertian Produk Menurut Para Ahli. Kompas. https://www.kompas.com/skola/read/2023/07/07/120000069/pengertian- produk-menurut-ahli?page=all
Riza, R., Lilik, N. Y., & Bunasor, S. (2020). Pengaruh Persepsi Agen BRILink Terhadap Keputusan Penggunaan Layanan Brachless Banking. Jurnal Aplikasi Manajemen dan Bisnis. 6(2). 403-415. http://dx.doi.org/10.17358/jabm.6.2.403
Robi, E. P., Roni, E. P., & Desna, A. (2023). Peran Agen BRILink Sebagai Program Kebijakan Inklusi Keuangan. Jurnal Kebijakan Publik 14(1). 85-91. http://dx.doi.org/10.31258/jkp.v14i1.8122
Senna, Enzovani. (2023). Strategi Pemasaran BRILink dalam Meningkatkan Pendapatan Agen. Jurnal Penelitian Ilmu Ekonomi dan Keuangan Syariah (JUPIEKES). 1(3). 290-299. https://doi.org/10.59059/jupiekes.v1i3.382
Tiuridah, Y. M. T. S. (2022). Kajian Teori Lokasi Christaller Terhadap Jaringan Pelayanan Sarana Perdgangan di Pulau Karimun Besar. Jurnal Pelita Kota. 3(1). 150-160. https://doi.org/10.51742/pelita.v3i1.469
Copyright (c) 2024 Marsyandah Irwan Polapa, Zulkifli Bokiu, Amir Lukum
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.