Etika Profesi dan Pengalaman Kerja Terhadap Kinerja Auditor BPK RI Perwakilan Provinsi Gorontalo

  • Nanda Apriyani Aday Universitas Negeri Gorontalo
  • Siti Pratiwi Husain Universitas Negeri Gorontalo
  • Amir Lukum Universitas Negeri Gorontalo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh etika profesi dan pengalaman kerja terhadap kinerja auditor BPK RI Perwakilan Provinsi Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data primer dengan menyebarkan kuesioner kepada responden. Sampel yang digunakan adalah seluruh auditor BPK RI Perwakilan Provinsi Gorontalo dengan teknik pengumpulan sampling jenuh dengan jumlah 25 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berga nda. Hasil penelitian secara parsial etika profesi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja auditor. Pengalaman kerja secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja auditor. Secara simultan etika profes i dan pengalaman kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja auditor BPK RI Perwakilan Provinsi Gororontalo.

Keywords: Etika Profesi, Pengalaman Kerja, Kinerja Auditor

Downloads

Download data is not yet available.

References

Halim, Abdul. 2008. Auditing (Dasar-Dasar Audit Laporan Keuangan). Yogyakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.

Mangkunegara, Anwar Prabu. 2006. Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. Bandung: PT. Refika Aditama

Manullang. 2002. Manajemen Personalia. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Muliyadi. 2002. Auditing edisi ke-6. Jakarta: Salemba Empat.

Napu, Maylan A. 2012. Pengaruh Pengetahuan dan Pengalaman Terhadap Kualitas Audit pada seprovinsi Gorontalo. Skripsi. Gorontalo: Program Sarjana Universitas Negeri Gorontalo.

Nugraha, Ida Bagus Satwika, dan I Wayan Ramantha. 2015. Pengaruh Profesionalisme, Etika Profesi dan Pengalaman Auditor Terhadap Kinerja Auditor Pada Kantor Akuntan Publik. Jurnal Akuntansi Universitas Udayana. Vol 13. No.3.

Putri, Kompiang Martina Dinata dan I.D.G Dharma Saputra. 2013. Pengaruh Independensi, Profesionalisme, dan Etika Profesi Terhadap Kinerja Auditor Pada Kantor Akuntan Publik Di Bali. Jurnal Akuntansi Universitas Udayana. Vol 4. No.1.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2016 Tentang Badan Pemeriksaan Keuangan. 2016.

Published
2020-02-21
How to Cite
Aday, N. A., Husain, S. P., & Lukum, A. (2020). Etika Profesi dan Pengalaman Kerja Terhadap Kinerja Auditor BPK RI Perwakilan Provinsi Gorontalo. Jambura Accounting Review, 1(1), 1-12. https://doi.org/10.37905/jar.v1i1.2
Abstract viewed = 896 times
PDF downloaded = 723 times