Analisis Faktor yang Mempengaruhi Minat Investasi Cryptocurrency Mahasiswa
Abstract
Penelitian ini mengkaji pengaruh persepsi risiko, Fear of Missing Out (FoMO), dan literasi keuangan terhadap minat investasi cryptocurrency pada mahasiswa Universitas Mataram. Berbeda dari penelitian terdahulu yang meneliti faktor individu secara terpisah, penelitian ini menggabungkan aspek psikologis Fear of Missing Out untuk memberikan pemahaman yang lebih komprehensif. Dengan menggunakan 261 responden yang dipilih melalui purposive sampling dan dianalisis menggunakan metode Partial Least Square (PLS) melalui SmartPLS 4.0, hasil menunjukkan bahwa persepsi risiko, Fear of Missing Out, dan literasi keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat investasi cryptocurrency. Temuan ini diharapkan menjadi acuan bagi perguruan tinggi dalam meningkatkan edukasi keuangan dan investasi digital.
Downloads
References
Adam, R., & Siharis, A. (2023). Analisis Pengaruh Literasi Keuangan Dan Personal Interest Terhadap Kesadaran Investasi Pada Mahasiswa Manajemen Universitas Tidar Angkatan 2018. SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 2(5), 1579–1588. https://doi.org/10.54443/sibatik.v2i5.854
Alhazami, L., & Donald, E. (2025). 1 , 2 1,2. FENOMENA FEAR OF MISSING OUT (FOMO) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SAHAM DI MAHASISWA UNIVERSITAS DIAN NUSANTARA, 4(9), 6837–6845.
Amalia, F., Ervina, H., & Setyorini, N. (2022). Pengaruh Persepsi Return, Literasi Keuangan, Persepsi Risiko, Persepsi Kemudahan Terhadap Minat Investasi Secara Online (Studi Kasus Pada Pebisnis Muda). Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Ekonomi Kreatif, 1(2), 24–41. https://doi.org/10.26877/jibeka.v1i2.25
Bramantya, L. D., & Manda, G. S. (2024). Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Investasi Cryptocurrency Ditinjau dari Pengaruh Influencer dan Literasi Keuangan : Literature Review. EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, 3(5), 1246–1251.
Ethika Kirana Putri, E. (2024). PENGARUH LITERASI KEUANGAN, EFIKASI KEUANGAN, DAN RETURN INVESTASI TERHADAP MINAT INVESTASI CRYTOCURRENCY PADA MAHASISWA DI YOGYAKARTA. Jurnal Ekonomi Manajemen (JEKMa), Volume 28(10), 35–41. https://oaj.jurnalhst.com/index.php/jekma/article/view/5138/5451
Gede, L., Dewi, K., Trisna Herawati, N., Erlina, L. P., & Wati, A. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan, Efikasi Keuangan dan Return Investasi Terhadap Minat Investasi Mata Uang Kripto Pada Mahasiswa di Provinsi Bali. Akuntansi Profesi, 13(3), 649–659.
Hadi, S. Al, Oktaria, E. T., Sari, P. N., Studi, P., Fakultas, M., & Indonesia, U. M. (2024). PENGAMBILAN KEPUTUSAN INVESTASI CRYPTOCURRENCY PADA GEN-Z DI BANDAR LAMPUNG. 7(2), 55–63.
Hafiz, F., & Harianti, A. (2024). Pengaruh Pengetahuan Investasi, Motivasi Investasi Dan Pendapatan Terhadap Minat Investasi Di Cryptocurrency Pada Mahasiswa Universitas Trilogi. Kompleksitas: Jurnal Ilmiah Manajemen, Organisasi Dan Bisnis, 13(1), 75. https://doi.org/10.56486/kompleksitas.vol13no1.526
Halim, M., Aspirandi, R. M., & Pradana, Y. W. A. (2022). Pengaruh Persepsi Risiko , Motivasi Investasi , Modal Minimal Dan Pengetahuan Investasi Terhadap Minat Investasi Di Pasar Modal Pada Mahasiswa Fakultas. Jurnal Riset Bisnis Dan Investasi, 8(1), 1–16.
Hamelinda, F., Setiawati, R., & Wediawati, B. (2024). Literasi keuangan dan preferensi risiko terhadap keputusan investasi cryptocurrency pada generasi milenial di Kota Jambi. Jurnal Paradigma Ekonomika, 19(2), 294.
Hanif, H., Harahap, M. I., & Silalahi, P. R. (2025). Pengaruh Gaya Hidup , Fomo , Literasi Keuangan Syariah , dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Investasi Cryptocurrency. 6(1), 83–93. https://doi.org/10.47065/jbe.v6i1.6916
Hening Karatri, R., Faidah, F., & Lailyah, N. (2021). Determinan Minat Generasi Milenial Dalam Investasi Pasar Modal Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 6(2), 35. https://doi.org/10.38043/jimb.v6i2.3193
Hikmah. (2021). MOTIVASI INVESTASI, FINANCIAL LITERACY, DAN PERSEPSI RESIKO PENGARUHNYA TERHADAP MINAT BERINVESTASI DI PASAR MODAL. 523–532. 10.46306/ncabet.v1i1.41
Ivan Dragono, & Honey Wahyuni Sugiharto Elgeka. (2024). Peran Induksi Emosi Terhadap Pembelian Cryptocurrency Pada Mahasiswa. Keluwih: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 5(1), 1–11. https://doi.org/10.24123/soshum.v5i1.6814
Jitender Kumar, Manju Rani, Garima Rani, V. R. (2024). All are interesting to invest, I fear of missing out (FOMO): a comparative study among self-employed and salaried investors. https://www.emerald.com/insight/content/doi/10.1108/jfrc-01-2024-0010/full/html
Kang, I., He, X., & Shin, M. M. (2020). Chinese Consumers’ Herd Consumption Behavior Related to Korean Luxury Cosmetics: The Mediating Role of Fear of Missing Out. Frontiers in Psychology, 11(February), 1–13. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2020.00121
Kelly, K., & Pamungkas, A. S. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan, Persepsi Risiko dan Efikasi Keuangan terhadap Minat Investasi Saham. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 4(3), 556–563. https://doi.org/10.24912/jmk.v4i3.19668
Khalik, A., Salim Sultan, M., & Hamzah, M. (2024). Pengaruh Literasi Keuangan, Toleransi Resiko Dan Persepsi Resiko Terhadap Keputusan Investasi Crypto Currency Di Sulawesi Selatan. AKMEN : Jurnal Ilmiah, 21(April), 2. https://e-jurnal.nobel.ac.id/index.php/akmen
Laturette, K., Widianingsih, L. P., & Subandi, L. (2021). Literasi Keuangan Pada Generasi Z. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 9(1), 131–139. https://doi.org/10.26740/jpak.v9n1.p131-139
Lazuardi, A., Syahyuni, D., Bina, U., & Informatika, S. (2025). Pengaruh Kepercayaan dan Persepsi Resiko terhadap Keputusan Pembelian Aset Digital Cryptocurrency Dikalangan Masyarakat Kecamatan Tapos. 4.
Lelyta Dewi Candra, & Agung Abdullah. (2023). Pengaruh Pengetahuan Investasi, Persepsi Resiko Dan Literasi Keuangan Syariah Terhadap Minat Investasi Dengan Cryptocurrency. Syarikat: Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah, 6(2), 478–492. https://doi.org/10.25299/syarikat.2023.vol6(2).14538
Lestari, N. P., & Ramadhani, A. (2024). Pengaruh Fear of Missing Out ( FoMO ) dan Literasi Keuangan terhadap Keputusan Investasi di Kalangan Mahasiswa. 3.
Low, G., & Tan, T. (2020). Cryptocurrency – Is It Property? Journal of Investment Compliance, 21(2/3), 175–179. https://doi.org/10.1108/JOIC-09-2020-0027
Makhdum, M. F., & Aminah, S. (2022). Pengaruh Kepercayaan dan Persepsi Resiko terhadap Keputusan Pembelian Shopee di Sampang. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 22(2), 803. https://doi.org/10.33087/jiubj.v22i2.1898
Miko, S., Tri Atmaja, A. W., Mawardah, R., Zulfa, S. D., Siboro, F., & Marjuki, A. (2023). The Impact of Competitiveness, Information Technology, Risk Perception, and Financial Literacy on The Intention to Invest in Cryptocurrency. IAIC Transactions on Sustainable Digital Innovation (ITSDI), 5(1), 1–7. https://doi.org/10.34306/itsdi.v5i1.602
Muhammad Distian Andi Hermawan. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan Dan Perilaku Keuangan Terhadap Keputusan Investasi Di Crypto. Journal of Financial Economics & Investment, 3(3), 123–131. https://doi.org/10.22219/jofei.v3i3.28645
Novita Ika Piraga, Anny Widiasmara, M. N. (2021). PENGARUH MOTIVASI, PENGETAHUAN INVESTASI, KEMAJUAN TEKNOLOGI INFORMASI, EKSPEKTASI RETURN DAN PERSEPSI RESIKO TERHADAP MINAT GENERASI MILENIAL DALAM BERINVESTASI DI PASAR MODAL. SEMINAR INOVASI MAJEMEN BISNIS DAN AKUNTANSI 3.
Pratiknjo, M. L. (2024). Pengaruh Bias Perilaku terhadap Keputusan Investasi dengan Fear of Missing Out ( FOMO ) sebagai Mediator di Indonesia. 10(2), 489–502.
Putu Angelina Parassari Ningrum, Herawati, N. T., & Sinarwati, N. K. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan, Risk Tolerance dan Overconfidence Terhadap Pengambilan Keputusan Investasi Cryptocurrency Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal Akuntansi Profesi, 14(02), 262–275. https://doi.org/10.23887/jap.v14i02.61793
Ridzky, M., & Arsyianti, L. D. (2024). Fear of Missing Out of Stock Investment among Millennial and Zillennial Investors. 2(2).
Rodpangtiam, A. (2022). The Influence of Perceived Risk and Perceived Value on The Influence of Perceived Risk and Perceived Value on Consumer Adoption of Cryptocurrency Consumer Adoption of Cryptocurrency. https://digital.car.chula.ac.th/chulaetd
Salsabila, H. Z., Susanto, S., & Hutami, L. T. H. (2021). Pengaruh Persepsi Risiko, Manfaat Dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada Aplikasi Shopee. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 9(1), 87–96. https://doi.org/10.37641/jimkes.v9i1.442
Sari, A. W., Purwanto, B., & Viana, E. D. (2023). Literasi keuangan dan faktor yang memengaruhi minat pelaku umkm berinvestasi di pasar modal: analisis theory of planned behavior. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 6(3), 314–327. https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v6i3.279
Satrio, R. A., Effendi, R., & Wardhaningrum, O. A. (2024). Faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa sebagai generasi muda dalam melakukan investasi cryptocurrency. 4(1), 52.
Sudrajat, D. (2022). Fear of Missing Out and Student Interest in Stocks Investment during Covid-19 Pandemic. Journal of Economics Research and Social Sciences, 6(2), 115–123. https://doi.org/10.18196/jerss.v6i2.15319
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.
Tedianta, S., & Purwaningrum, E. (2024). PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN FEAR OF MISSING OUT ( FOMO ) TERHADAP MINAT INVESTASI CRYPTOCURRENCY. SEMINAR NASIONAL AKUNTANSI DAN MANAJEMEN, 3.
Vera, M., Dewi, K., Gede, K., & Diwya, S. (2023). The Effect of Return Expectations and Perceived Risk on Intention to Invest in Crypto Assets : Evidence from Indonesian Investors. 9(1), 65–76.
Wahyuningtyas, E. T., Hasanah, F., & Susesti, D. A. (2022). Dampak Motivasi Investasi, Persepsi Resiko, Literasi dan Efikasi Keuangan Terhadap Minat Mahasiswa Berinvestasi Di Pasar Modal. Jurnal Akuntansi AKUNESA, 10(2), 57–66. https://doi.org/10.26740/akunesa.v10n2.p57-66
Wardana, N. W., & Fitrayati, D. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan , Modal Minimum, Persepsi Return dan Risiko terhadap Minat Berinvestasi Mahasiswa. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 5(5), 1976–1991. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v5i5.2027
Wardani, D. K., & Pesirahu, E. V. (2023). Pengaruh Pemungutan Pajak atas Transaksi Cryptocurrency dan Literasi Keuangan terhadap Niat Berinvestasi pada Cryptocurrency. Jurnal Informatika Ekonomi Bisnis, 5(April 2021), 254–258. https://doi.org/10.37034/infeb.v5i1.243
Wilamsari, F., Ana, S. R., & Musriati, T. (2025). Investor Behaviour Analysis: The Impact Financial Performance, FOMO and Financial Literacy on Generation Z Investment Decisions. Assets : Jurnal Ilmiah Ilmu Akuntansi, Keuangan Dan Pajak, 9(1), 8–14. https://doi.org/10.30741/assets.v9i1.1505
Zhang, Y., Naveed, K., & Qi, J. (2022). Crypto Investment : The Role of Investment Motivations , Investment Confidence , and Risk Perceptions. 33(1), 120–141.
Zhao, H., & Zhang, L. (2021). Financial literacy or investment experience: which is more influential in cryptocurrency investment? International Journal of Bank Marketing, 39(7), 1208–1226. https://doi.org/10.1108/IJBM-11-2020-0552
Copyright (c) 2025 Abid Rohmani, Robith Hudaya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.







