Analisis Persepsi Milenial Terhadap Penggunaan Metode Pembayaran Digital
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi milenial terhadap penggunaan metode pembayaran digital. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, yaitu menganalisis data dengan cara mendeskripsikan hasil wawancara dari para narasumber. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan wawancara dan pengamatan atau observasi. Dengan menggunakan metode analisis deskriptif yang mendeskripsikan hasil wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas narasumber merasa nyaman dengan penggunaan metode pembayaran digital dan menganggapnya sebagai cara yang lebih mudah dan cepat untuk melakukan transaksi. Namun, sebagimana penerapan teknologi pada umumnya, penggunaan dompet digital juga memberikan resiko yang bisa terjadi kapan saja. Selain itu, hasil penelitian ini juga menunjukkan faktor-faktor yang memengaruhi persepsi milenial terhadap penggunaan metode pembayaran digital, seperti tingkat pendapatan, lingkungan sosoal dan latar belakang pendidikan. factor factor tersebut yang nantinya mempengaruhi keputusan untuk menggunakan ataupun tidak.
Downloads
References
Akbar, R. F. (2015). ANALISIS PERSEPSI PELAJAR TINGKAT MENENGAH PADA SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI KUDUS. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 10(1). https://doi.org/10.21043/edukasia.v10i1.791
Ali, S. I. (2020). Pengaruh Persepsi Kegunaan dan Persepsi Kemudahan terhadap Niat Pembelian Ulang dengan Sikap sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Ekonomi Bisnis, 1–13.
Astri Rumondang, Acai Sudirman, Faried Effendy, Janner Simarmata, T. A. (2019). Fintech: Inovasi Sistem Keuangan di Era Digital. Yayasan Kita Menulis. https://books.google.co.id/books?id=oBDGDwAAQBAJ&dq=rumondang+2019&lr=&hl=id&source=gbs_navlinks_s
Atriani, D., Eliyah, ;, Sampetoding, A. M., Sunani, A., Husain, S. W. J., & Purba, A. A. (2021). Perception Analysis of the Use of Digital Wallets in East Kalimantan Province Students Analisis Persepsi Penggunaan Dompet Digital Pada Mahasiswa Provinsi Kalimantan Timur. In Journal of Indonesian Management (Vol. 1, Issue 4).
Ellen, P., & Yuyun, I. (2018). Pengaruh Financial Literacy, Illusion of Control, Overconfidence, Risk Tolerance, dan Risk Perception Terhadap Keputusan Investasi Pada Mahasiswa di Kota Surabaya. Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 6(4), 424–434.
Febrilia, I., Pratiwi, S. P., & Djatikusumo, I. (2020). Minat Penggunaan Cashless Payment System–Dompet Digital Pada Mahasiswa Di FE UNJ. JRMSI-Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 11(1), 1–19.
Indonesia, B. (2018). Peraturan Bank Indonesia tentang Uang Elektronik.
Lai, P. (2017). THE LITERATURE REVIEW OF TECHNOLOGY ADOPTION MODELS AND THEORIES FOR THE NOVELTY TECHNOLOGY. Journal of Information Systems and Technology Management, 14(1). https://doi.org/10.4301/s1807-17752017000100002
Laporan-Perekonomian-Provinsi-Gorontalo-Agustus-2022. (n.d.).
Mai Yuliza, & Sinta Sila Yeneti. (2022). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan Dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Pembelian Online. Journal of Social and Economics Research, 4(1), 068–080. https://doi.org/10.54783/jser.v4i1.40
Naranjo, J., Fuad, H., Hakim, Z., Panchadria, P. A., Robbi, M. S., Yulianti, Y., Susanti, E., Sholeh, M., Teuku Fadjar Shadek, R. S., Kamil Arif, I., Gunadhi, E., Partono, P., Sampieri, R. H., & Pariyatin, Y. (2016). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. Jurnal Algoritma, 12(1), 579–587. http://jurtek.akprind.ac.id/bib/rancang-bangun-website-penyedia-layanan-weblog
Ningtyas, M. N. (2019). Literasi Keuangan pada Generasi Milenial. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 13(1), 20–27. https://doi.org/10.32812/jibeka.v13i1.111
Rembulan, N. D. R., & Firmansyah, E. A. (2020). Perilaku Konsumen Muslim Generasi-Z Dalam Pengadopsian Dompet Digital. Valid Jurnal Ilmiah, 17(2), 111.
Santoso, B., & Edwin Zusrony. (2020). Analisis Persepsi Pengguna Aplikasi Payment Berbasis Fintech Menggunakan Technology Acceptance Model (Tam). Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 11(1), 49–54. https://doi.org/10.51903/jtikp.v11i1.150
SEPTIANA, U. (2021). analisis presepsi milenial dalam menggunakan M banking.
SPIP-OKTOBER-2022. (n.d.).
Suryanto, S., Muhyi, H. A., & Kurniati, P. S. (2022). PENGGUNAAN DIGITAL PAYMENT PADA USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH. AdBispreneur, 7(1), 55. https://doi.org/10.24198/adbispreneur.v7i1.39452
Tarantang, J., Awwaliyah, A., Astuti, M., & Munawaroh, M. (2019). 60 IAIN Palangka Raya PERKEMBANGAN SISTEM PEMBAYARAN DIGITAL PADA ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 DI INDONESIA.
Yuesti, A. (2013). Akuntansi Perilaku. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Copyright (c) 2023 Mohammad Taufik, Mahdalena Mahdalena, Victorson Taruh
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.