Kepuasan Mahasiswa Akuntansi Dalam Pelayanan Akademik (Aplikasi Metode IKM dan IPA)

  • Nilawaty Yusuf Universitas Negeri Gorontalo
  • Niswatin Niswatin Universitas Negeri Gorontalo
  • Hartati Tuli Universitas Negeri Gorontalo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) menganalisis tingkat kepuasan mahasiswa terhadap kualitas layanan administrasi akademik prodi S1 Akuntansi FE UNG, 2) memetakan setiap atribut kualitas layanan untuk memudahkan perbaikan layanan administrasi akademik prodi S1 Akuntansi FE UNG. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner. Kepuasan mahasiswa dianalisis dengan Indeks Kepuasan Mahasiswa (IKM) dan Importance-Performance Analysis (IPA). Hasil analisis IKM menunjukkan bahwa kualitas layanan administrasi akademik berada dalam kategori sangat baik dan sangat memuaskan mahasiswa. Selanjutnya dari metode IPA terdapat lima atribut kualitas layanan pada Kuadran B (Concentrate Here) yang perlu diprioritasikan untuk diperbaiki oleh pengelola program studi.

Keywords: Kualitas Layanan, Kepuasan, Mahasiswa, Program Studi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Barbieri, C., 2010. An Importance-Performance Analysis Of the Motivations Behind Agritourism and Other Farm Enterprise Developments in Canada. Journal of Rural and Community Development. Vol. 5. No.1 pp 1-20. Canada.

Chu Raymond and Tat Choi., 2000. An importance-performance analysis of hotel selection factors in the Hong Kong hotel industry: a comparison of business and leisure travelers. Tourism Management 21 pp 363-377. www. elsevier.com/locate/tourman

Dewi, N.M.D.A.P. 2014. Penilaian Kinerja Berdasarkan Keuangan Dan Non-Keuangan Rumah Sakit Umum Daerah Wangaya. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana. 7.3. hlm.761-777

Hartati, S. (2020). Penerapan Model New Public Management (NPM) Dalam Reformasi Birokrasi Di Indonesia. Jurnal MSDA (Manajemen Sumber Daya Aparatur), 8(2), 65–84. https://doi.org/10.33701/jmsda.v8i2.1293

Herindrasti, S. (2019). Program Studi Hubungan Internasional Universitas Kristen Indonesia Jakarta dan tantangan menuju akreditasi internasional. In V. S. H. Siahaan, Angel Damayanti, Chontina, Dandy Sendary Noron, Eka C Herlambang, Fransiskus X Gian Tue Mali, Mita, Nadya Carollina, Shyintia (Ed.), Fisipol Uki 25 tahun.

Indrajit, R. E. (2013). Perspektif Balanced Scorecard. In EKOJI999 (431st ed., pp. 1–5). Richardus Eko Indrajit.

Ilahiyah, M.E. 2016. Rancangan Balanced Scorecard Sebagai Alat Eksekusi Strategi Pada Perguruan Tinggi Swasta X Di Surabaya. Tesis. Departeman Akuntansi. Program Studi Magister Akuntansi Fakultas Ekonomi. ADLN – Perpustakaan Universitas Airlangga

Indrawati, L. 2017. Peran Budaya Organisasi Terhadap Implementasi New Public Management Dalam Peningkatan Kinerja Manajerial Sektor Publik. Ekspansi Vol. 9, No. 2. November, 239 – 249

Istianto, B. 2009. Manajemen Pemerintahan Dalam Perspektif Pelayanan Publik. Mitra Wacana Media.

Jambura. 2015a. Kampus Berbasis IT, Menopang Pelayanan Prima. Pusat Pelayanan Informasi dan Kehumasan UNG.

----------. 2015b. Inovasi SIMProdi. Manajemen Database Akademik. Pusat Pelayanan Informasi dan Kehumasan UNG.

Kurniawan. A dan Sugiri. D. 2021. ”Kepuasan Layanan Pengguna Layanan Publik pada Unit Kerja Badan Layanan Umum (BLU) Bidang Pendidikan” Jurnal Publik.8(1) :11-22

Lopes S.D. Ferreira and Sancha C.F. Maia., 2012. Applying Importance-Performance Analysis to the Management of Health Care Services. China-USA Business Review. Vol. 11, No. 2, 275-282. David Publishing. Portugal.

Niswatin, dan N. Yusuf. 2015. Prioritas Program Kerja Sebagai Dasar Penyusunan Rencana Bisnis Anggaran (RBA) Unit Kerja Program Studi S1 Akuntansi. Jurnal Ilmiah Akuntansi & Humaniora, Vol 4, No 2, hlm 1562-1585.

Novitasari, B.T. 2019. Balanced Scorecard Dalam Institusi Pendidikan Lanjut. Jurnal Nominal. Vol. VIII. No. 2

Purnama, N. 2006. Manajemen Kualitas : Perspektif Global. Yogyakarta. Ekonisia.

Putri, I. G. A. M. A.D. 2012. Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Dalam Prespektif Balanced Scorecard. Jurnal Akuntansi Multiparadigma. Volume 3, No 3 Hlm 462 – 470. Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya.

Rangkuti, F. 2015. SWOT Balanced Scorecard. Teknik Menyusun Strategi Korporat Yang Efektif Plus Cara Mengelola Kinerja Dan Risiko. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta

Riduwan dan E. A. Kuncoro. 2007. Cara Menggunakan Dan Memakai Analisis Jalur. Bandung. Alfabeta.

Sabardilla, A. 2020. Pengukuran Kinerja STMIK Indonesia Padang Menggunakan Metode Balanced Scorecard. Jurnal Bisnis, Manajemen Dan Informatika. Vol. 16. No.3

Sentosa, P. Pranatha, Astuti, N. Made Erpia Ordani, & Cahaya, I. Made Elia. (2019). Analisis Persepsi Konsumen Menggunakan Metode Importance Performance Analysis dan Customer Satisfaction Index. Sintesa, 333–342. Retrieved from https://industria.ub.ac.id/index.php/industri/article/view/179/559%0Ahttps://industria.ub.ac.id/index.php/industri/article/view/179

Septiani, Yuni, Edo Ariribe, and Risnal Diansyah. 2020. “Analisis Kualitas Layanan Sistem Informasi Akademik Universitas Abdurrab Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan metode Sevqual (Studi Kasus : Mahasiswa Universitas Abdurrab Pekanbaru).” Jurnal Teknologi Dan Open Source 3(1): 131–43.

Supena, Stevy Hanny. 2022. “Layanan Publik Dan Good Governance Research GAP Analysis Bibliometric Vosviewer.” Jurnal Arajang 5 (1): 2621–6906. https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/arajang%0ALAYANAN.

Sonia.N.R. 2021. Total Quality Management dalam Lembaga Perguruan tinggi. Jurnal Southeast Asian Journal of Islamic Education Management. Vol.2.No.1.Hal 125-139

Sugiyono, 20. Statistik Untuk Penelitian. Alfabeta. Bandung.

Tjiptono, F dan G. Chandra. 2016. Service, Quality dan Satisfaction. Edisi 4. Andi Offset. Yogyakarta

Yamit, Z. 2005. Manajemen Kualitas. Produk Dan Jasa. Ekonisia. Yogyakarta.

Published
2023-02-25
How to Cite
Yusuf, N., Niswatin, N., & Tuli, H. (2023). Kepuasan Mahasiswa Akuntansi Dalam Pelayanan Akademik (Aplikasi Metode IKM dan IPA). Jambura Accounting Review, 4(1), 130 - 143. https://doi.org/10.37905/jar.v4i1.69
Abstract viewed = 158 times
PDF downloaded = 163 times

Most read articles by the same author(s)