Analisis Penilaian Kinerja Menggunakan Balance Score Card

  • Armansyah Alipok Universitas Negeri Gorontalo
  • Nilawaty Yusuf Universitas Negeri Gorontalo
  • Siti Pratiwi Husain Universitas Negeri Gorontalo

Abstract

The research objective was to analyze the performance of drinking water depot in Gorontalo City by using a Balanced scorecard. The data were collected by using a quesionnaire. The data analysis applied descriptive analysis, which referred to the balanced scorecard indikator. The samples were 21 drinking water depots in Gorontalo city. The finding of research showed that the score in the balanced scorecard for the performance of drinking water depot in Gorontalo city was 81,39% which was in “minimum target” criteria, which meant the performance remained not in accordance with the expectation whether in the aspect of finansial or non finansial. The low finansial performance was the factor for the closing of lots of drinking water depot in Gorontalo city due to encountering problems in finansial and operational.

Keywords: Performance Assessment, Balance Scorecard

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aurora, Novella. (2010). ”Penerapan Balanced Scorecard Sebagai tolok ukur pengukuran Kinerja pada RSUD Tugurejo Semarang”. Skripsi. Universutas Diponegoro.Semarang.

Dunn, William N. (2003). Pengantar Analisis Kebijakan Publik. Yogyakarta: UGM. Press

Erwin dan Hartiwi Prabowo. (2015). Analisis Pengukuran Kinerja Menggunakan Metode Balanced Scorecard Pada PT.Bahtera Utama. Binus Business Review Vol. 6 No. 1 Mei 2015: 35-45

Galib, M., & Hidayat, M. (2018). Analisis Kinerja Perusahaan Dengan Menggunakan Pendekatan Balanced Scorecard Pada Pt. Bosowa Propertindo. SEIKO : Journal of Management & Business, 2(1), 92–112. https://doi.org/10.31219/osf.io/gdvq4

Hamid, Edy Suandi dan Y. Sri Susilo. (2011). Strategi pengembangan usaha mikro kecil dan Menengah di provinsi daerah istimewa yogyakarta. Jurnal Ekonomi Pembangunan Volume 12, Nomor 1, Juni 2011, hlm.45-55

Harmono. (2016). Manajemen Keuangan Berbasis Balanced Scorecard Pendekatan Teori, Kasus, dan Riset Bisnis, Edisi kesatu. Jakarta: Bumi Aksara.

Jogiyanto. (2014). Sistem Informasi Strategik untuk Keunggulan Kompetitif, Penerbit Andi Offset, Yogyakarta.

Kaplan, R. S., & Norton, D. (2012). Balanced Scorecard: Menerapkan Strategi Menjadi Aksi, Terjemahan oleh Peter R. Yosi Pasla dari Balanced Scorecard: Transalting Strategi Into Action. Erlangga.

Surya, Luh Putu Lusi Setyandarini. (2014). Analisis Kinerja Berbasis Balanced Scorecard Pada Koperasi XYZ. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana 8.2 (2014): 279-293

Lupiyoad, Rambat. (2006). Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Kedua. Jakarta; Salemba Empat.

Moeheriono. (2009). Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Bogor: Ghalia

Mulyadi. (2014). Akuntansi Manajemen – Konsep, Manfaat, & Rekayasa Edisi 3. Jakarta: Salemba Empat

Pratiwi, R. A. (2014). Pengukuran Kinerja Perusahaan Dengan Metode Balanced Scorecard & Smart Sistem pada sentra. Jurnal Ekonomika.

Pratiwi, R. K. A., & Mildawati, T. (2014). Analisis Kinerja Menggunakan Balanced Scorecard Pada PT PLN ( Persero ) Area Surabaya Utara. Jurnal Ilmu & Riset Akuntansi, 3(9), 1–13.

Purnamasari, I Desak Made Ita, I Wayan Suendra, Wayan Cipta. (2014). Analisisi Kinerja Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Berdasarkan Value for Money Audit atas Penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Tahun 2007-2011. E- Journal Bisma Universitas Pendidikan Ganesha Vol.2. 2014

Ramelan, Satria Widyatama; Purnomo Sidhi dan Muhril Ardiansyah. (2009). Analisis Strategi Bisnis Dengan Menggunakan Pendekatan Metode Balanced Scorecard Pada PT. XYZ. Journal of Business Strategy and Execution Vol. 1 No.2 June 2009: 334 - 346

Ridhawati, Rini. (2014). “Analisis Kinerja Keuangan Menggunakan Economic Value Added (EVA) Dan Market Value Added (MVA)”. Jurnal Imliah Mahasiswa FEB Brawijaya

Rudianto. (2013). Akuntansi Manajemen Informasi untuk Pengambilan Keputusan Strategis. Jakarta: Erlangga

Scott, T. W., & Tiessen, P. (2009). Performance measurement and managerial teams. Accounting, Organizations and Society, 24(3), 263–285. https://doi.org/10.1016/S0361-3682(98)00060-9

Srimindarti, C. (2004). Balanced Scorecard Sebagai Alternatif untuk Mengukur Kinerja. Fokus Ekonomi, 3(1).

Sripeni, Rusbiyanti. 2014). “Pengaruh Akuntansi Pertanggungjawaban Terhadap Kinerja Perusahaan”. Jurnal Ekomaks. Vol 3 No 2.

Sugiyono.(2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supit, Amelia Adinda Nancy; Jantje J. Tinangon dan Harijanto Sabijono. (2014). Analisis Kinerja Non Keuangan PT. Otsuka Indonesia Cabang Manado. Jurnal EMBA Vol.2 No.2 Juni 2014, Hal. 1607-1616

Wardani, Bella Devita Puteri: Hari Susanta dan Agung Budiatmo. (2015). Analisis Balanced Scorecard Pada Koperasi Karyawan Krama Yudha Ratu Motor Jakarta. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis

Wibowo. (2014). Manajemen Kinerja Edisi Keempat (Empat). Rajawali Pres.

Wijayanti. (2010). Analisis Kinerja Keuangan dan Harga Saham Perbankan diBursa Efek Indonesia (BEI). Journal of Indonesian Applied Economics Vol.4 No.1 Mei 2010, hal.71-80.

Published
2021-08-21
How to Cite
Alipok, A., Yusuf, N., & Husain, S. P. (2021). Analisis Penilaian Kinerja Menggunakan Balance Score Card . Jambura Accounting Review, 2(2), 110 - 122. https://doi.org/10.37905/jar.v2i2.37
Abstract viewed = 30 times
PDF downloaded = 24 times