Makna Penentuan Harga Jual Ikan Tuna di Kawasan Teluk Tomini: Studi Interaksionisme Simbolik
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap makna dalam praktik penentuan harga jual ikan tuna oleh nelayan di kawasan teluk tomini. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi dan wawancara. Penelitian interaksionisme simbolik melalui tahap analisis reduksi data, penyajian data, indeksikalitas, refleksifitas dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa penentuan harga jual dapat dilihat dari sisi non material yang diantaranya harga jual dapat diartikan sebagai sikap tanggung jawab seorang nelayan sebagai kepala keluarganya kepada keluarga untuk mencari nafkah, Kebiasaan turun temurun Gemar Memberi (Mohongi) sebagai wujud kebersamaan antar masyarakat pesisir memberikan hasil tangkap ikan, dan adanya makna gotong royong (heluma) dalam sebuah praktik penentuan harga jual yang dilakukan oleh nelayan. hal tersebut menjadikan makna rasa syukur kepada hasil tangkapan nelayan.
Downloads
References
Amaliah, T. H., Badu, R. S., Bagusta, I. F., & Djafar, H., (2022). Cultural Value Behind The Supply Demand Approach In Pricing To Fishers In The Tomini Bay Area. Web of Scholars …, 17–
Amaliah, T. H., Badu, R. S., Bagusta, I. F., Djafar, H., Program, A. S., & Gorontalo, U. N. (2022). Behind the Concept of the Selling Price : The Reality of Fisherman Culture in Tomini Bay. 7(9).
Amaliah, T. H., & Mattoasi, M. (2020). Refleksi Nilai Di Balik Penetapan Harga Umoonu. Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 11(2), 402–419. https://doi.org/10.21776/ub.jamal.2020.11.2.24
Amaliah, T. H., & Setiabudi, L. (2015). Konsep Harga Jual Berbasis Nilai-Nilai Budaya Komunitas Papalele Masyarakat Maluku. Disertasi Doktor (DP2M), 1–105.
Amaliah, T. H., & Sugianto, S. (2018). Konsep Harga Jual Betawian dalam Bingkai Si Pitung. Jurnal Akuntansi Multiparadigma,
Apriyanti, H. W. (2018). Teori Akuntansi Syariah Berdasarkan Pendekatan Syariah. Deepublish -Yogyakarta.
Baruadi, K., & Eraku, S. (2018). Lenggota Lo Pohutu (Upacara Adat Perkawinan Gorontalo) (T. Paedasoi, Ed.). Ideas Publishing.
Hansen, D. R., & Mowen, M. (2013). Akuntansi Manajerial, Buku 1, Edisi 8, Salemba Empat, Jakarta.
Korda, A. P., and Belogavec, S. (2004). Cost-Driven or Customer-Driven Pricing? University of Maribor, Faculty of Economics and Business, 1847-1855.
Kotler, P. & Amstrong, G. (2019). Prinsip-Prinsip Pemasaran Jidil 1. Erlangga - Jakarta.
Mulyadi. (2015). Akuntansi Biaya Edisi ke-5. Yogyakarta: Sekolah Tinggi Ilmu. Manajemen YKPN.
Mulyana, D. (2008). Metodologi Penelitian Kualitatif. Rosdakarya - Bandung.
Noviana, F., & Saifudin, A. (2021). Conceptual Metaphors of “water” in Javanese Proverbs from a Cognitive Linguistic Perspective. In T. R. Soeprobowati, B. Warsito, & T. Triadi Putranto (Eds.), E3S Web of Conferences (Vol. 317, p. 02014). EDP Sciences. https://doi.org/10.1051/E3SCONF/202131702014
Sudaryono. (2016). Manajemen Pemasaran Teori Dan Implementasi. Yogyakarta: ANDI.
Sugiarto, J. L., & Pribadi, M. A. (2022). Interaksi Simbolik Dalam Perencanaan Komunikasi Pemasaran Ben Gons's Tea selama Covid-19. Prologia. Vol.6 No.1 (2022). https://doi.org/10.24912/pr.v6i1.10254.
Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA
Spradley, J.P. (1997). Metode Etnografi. Terjemahan oleh Misbah Yulfa Elisabeth.Yogyakarta : PT Tiara Wacana Yogya.
Thalib, M. A. (2022b). Exposing Household Cost Accountability Practices: A Study Of Islamic Ethnomethodology. The ES Accounting And Finance, 1(01), Article 01.
Triyuwono, I. (2009). Akuntansi Syariah: Perspektif, Metodologi dan Teori,. Jakarta: Rajawali Pers.
Copyright (c) 2024 Ikram Fachru Bagusta, Tri Handayani Amaliah, Ronald Soemitro Badu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.